Selasa, 26 September 2023

GLOBALISASI


 

Globalisasi di bidang komunikasi adalah proses komunikasi dalam bertukar pesan kepada seluruh orang di dunia dalam waktu yang cepat. 

Dengan adanya globalisasi di bidang komunikasi membuat proses penyampaian pesan semakin mudah dan tersampaikan dengan cepat. Dahulu, orang-orang menggunakan alat komunikasi sederhana, misalnya menggunakan surat atau dari mulut ke mulut. (Bobogrid.id)

Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi yaitu adanya pengembangan di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan transformasi, serta faktor-faktor lainnya dengan sangat pesat. Kemajuan teknologi mendukung batas-batas negara menjadi kurang berarti, baik dari segi ekonomi maupun budaya. 

Salah satunya adalah pesatnya Pengembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat mempercepat terjadinya proses globalisasi di dunia. Negara yang memiliki infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi dapat menggunakannya di skena perkantoran, pusat bisnis, dan perumahan. Dengan demikian, anak usia sekolah hingga di atas usia kerja dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam mengakses ilmu dan data sesuai kebutuhannya tanpa terbatas jarak geografis. (Detik.com)


Berikut ini beberapa contoh terjadinya globalisasi di bidang komunikasi. 

1. Kemajuan teknologi menciptakan alat komunikasi yang semakin canggih. 

2. Munculnya banyak aplikasi yang memudahkan komunikasi manusia, seperti Skype, Zoom, WhatsApp, Line, dan sebagainya. 

3. Munculnya media sosial yang dapat menghubungkan banyak orang dari beragam negara, seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan sebagainya. 

4. Kemudahan akses internet yang memudahkan semua orang mengakses informasi lokal maupun internasional melalui Google. (Kompas.com)


Penyusun: Eka Putri A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan telepon dari masa ke masa gasi

  1.Bell Telephone (1876)          Telepon ini pertama kali dibuat oleh Alexander Graham Bell di mana saat sedang itu dipamerkan di Pameran ...