Sabtu, 30 September 2023

Perkembangan telepon dari masa ke masa gasi

 








1.Bell Telephone (1876)

         Telepon ini pertama kali dibuat oleh Alexander Graham Bell di mana saat sedang itu dipamerkan di Pameran Centennial di Philadelphia.

      Produk ini merupakan percobaan laboratorium. Jarum transmisi dan asam sulfat menghasilkan getaran suara ke penerima gelombang elektromagnetik.

         ia mengajukan paten untuk "penemuan baru dalam mengirim suara melalui kabel."Bell berhasil mengembangkan alat komunikasi yang bisa mengirimkan suara melalui jarak jauh menggunakan kabel.














2. Guglielmo Marconi(1890)
       Marconi adalah seorang penemu asal Italia yang berhasil mengembangkan teknologi nirkabel atau wireless. Ini memungkinkan suara dikirimkan melalui udara tanpa kabel.
        Bentuk telepon mulai berubah menjadi demikian, dan turut menjadi penanda berkembangnya teknologi di abad ke -19.Pada telepon sebelumnya mendengar dan berbicara dilakukan di perangkat yang sama, sedangkan pada telepon ini, penelepon harus menggunakan perangkat yang berbeda.










 



3. Western Electric 302 (1937)

         Operator Amerika Serikat (AS), AT&T mengeluarkan model telepon dengan model rotary dial dan gagang telepon tersambung kabel.

         Lewat telepon ini, AT&T memonopoli sistem telepon di negaranya. Telepon ini dirancang dibuat oleh desainer terkenal Henry Dreyfuss.










4. The Trimline (1965)

           Ini adalah model terakhir yang dikeluarkan AT&T. Pada rancangan ini, tombol nomor disematkan langsung ke telepon tersebut. Sebelumnya, telepon biasanya diletakkan di dapur karena memiliki kabel panjang.

        Perubahan signifikan ini terjadi karena penambahan tombol bintang (*), tagar (#), dan tombol dial untuk pengulangan telepon ke nomor sama. Selain itu, tombol angka juga bertambah menjadi 12 digit.












5.Cordless Phones (1980)

         Tahun 1980 menjadi era berakhirnya telepon dengan kabel. Di tahun tersebut, telepon tanpa kabel mulai populer.




















6.The Motorola DynaTAC (1983)
       Jika Anda lihat, telepon buatan Motorola ini tidak memiliki kabel, dan hanya memiliki antena. Bodinya juga bongsor. Namun, di masa itu, ponsel ini justru sering muncul di berbagi iklan hingga film Wall Street tahun 1987.
         Ponsel ini dirancang oleh Rudy Krolopp dan dipasarkan pada 1984 seharga US$ 4.000.










7.Motorola StarTAC (1996)

           Satu dekade setelahnya, Motorola merilis kembali merilis telepon, yakni StarTAC. Bedanya, telepon ini merupakan telepon genggam yang dapat digunakan secara mobile, dan memiliki layar.

Motorola International 3200 (1992)

     Diperkenalkan pada 1992, Motorola International 3200 adalah HP pertama yang sudah disesuaikan dengan ukuran tangan.

       Selain itu, HP ini juga sudah dilengkapi layar LCD, bisa mengirim dan menerima SMS, port untuk memasukkan handset, dan sebuah antena sebagai penghias.

Nokia 1011 (1992)

       Nokia 1011 adalah HP pertama yang mendukung GSM. Serinya menggambarkan waktu rilis hape ini, yaitu pada 10 November 1992.

      Tidak hanya mendukung GSM, HP ini juga dilengkapi memori yang bisa menyimpan hingga 99 butir nomor telepon.

           Terlepas dari itu, tidak sampai dua tahun setelah diluncurkan, HP ini berhenti produksi dan digantikan dengan Nokia 2010 yang sudah dilengkapi fitur-fitur baru.

Motorola StarTAC(1996)

     Dirilis awal tahun 1996, adalah HP pertama yang mengusung arsitektur flip. Saat itu, desain ini sungguh unik dan menarik perhatian.

     Tak heran, Motorola StarTAC menjadi salah satu HP terlaris sepanjang sejarah. Tidak kurang dari 60 juta StarTAC terjual dengan harga 1.000 USD per unitnya.

        Hape ini diluar dugaan banyak orang karena mendukung fitur yang sangat banyak seperti kamera, internet, note, dan kalkulator. Tak heran jika ia dijuluki “smartphone”.

     yang mencolok dari HP ini adalah beratnya hanya 400 gram. Bukan hanya itu, HP ini juga mendukung prosesor Intel 24 MHz dan kapasitas memori 8 MB.

Samsung SPH-M100 (2000)

     Tidak mau ketinggalan, Samsung pun ikut mewarnai tren inovasi handphone. Samsung SPH-M100 adalah HP pertama yang mendukung MP3. Selain itu, HPini juga memiliki memori yang cukup besar yaitu 64 MB.








Ericsson T39

     Hape ini dirilis oleh Ericcson Mobile Communication. Diduga HPpertama yang mendukung Bluetooth.

8.Smartphone

         Dalam perjalanannya hingga abad ke-21, telepon mengalami perubahan sangat signifikan jika dibandingkan pada saat telepon pertama kali ditemukan.

      Telepon di era modern bertranformasi menjadi sebuah perangkat pintar yang dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yakni smartphone.

Smartphone tak lagi memiliki tombol fisik, hanya layar sentuh yang dilengkapi dengan tombol virtual. Untuk berkomunikasti pun, orang-orang tak hanya bisa menelepon dan berkirim pesan, tetapi lewat internet.

Kecanggihan teknologi smartphone membuat orang dapat saling berkomunikasi meskipun lokasinya sangat jauh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan telepon dari masa ke masa gasi

  1.Bell Telephone (1876)          Telepon ini pertama kali dibuat oleh Alexander Graham Bell di mana saat sedang itu dipamerkan di Pameran ...