Iptek adalah kata digunakan untuk menyebut sebuah perkembangan teknologi atau ilmu pengetahuan.
Perkembangan iptek adalah bagian penting dalam sejarah peradaban manusia. Kajian iptek sering kali menyertakan interaksi dengan masyarakat.
Iptek berkembang dengan sangat cepat. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi, serta berkomunikasi jarak jauh, maupun komunikasi jarak dekat. Salah satunya adalah gawai berupa handphone. Ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek semakin sering terdengar.
Biasanya, iptek adalah kata digunakan untuk menyebut sebuah perkembangan teknologi atau ilmu pengetahuan. Perkembangan iptek adalah bagian penting dalam sejarah peradaban manusia. Kajian iptek sering kali menyertakan interaksi dengan masyarakat. Kini, iptek adalah bagian penting dalam kemajuan dunia. Iptek adalah konsep bagaimana pemahaman manusia ilmu pengetahuan dan teknologi telah berubah selama berabad-abad. Iptek memiliki dampak besar pada masyarakat.
Dampak semakin berkembang seiring berjalannya waktu.Iptek berkembang dengan sangat cepat. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi, serta berkomunikasi jarak jauh, maupun komunikasi jarak dekat. Salah satunya adalah gawai berupa handphone. Namun hal ini tentunya membawa dampak terhadap kehidupan. Dampak tersebut ada yang bersifat positif dan juga dampak negatif.
Perkembangan ini juga mempengaruhi atau memberi dampak terhadap kehidupan pelajar, dengan kecanggihan teknologi sekarang pelajar tidak hanya memiliki sumber pengetahuan hanya dari buku, namun sekarang sumber pengetahuan bisa di peroleh dari internet. Namun hal ini juga memberikan dampak positif dan dampak negatif.
Dalam bidang pendidikan iptek telah memberikan pengaruh positif salah satunya adalah dalam proses pembelajaran. Media komunikasi seperti handphone, komputer, internet, email, dan yang lainnya dipakai untuk media pendidikan. Pembelajaran tidak harus dilakukan dengan tatap muka langsung namun juga bisa dilakukan dengan media tersebut.Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. (radarbanyuwangi.jawapos.com)
Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan IPTek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) bagi pelajar adalah sebagai berikut:
1.Aksesibilitas: Faktor penting dalam penggunaan IPTek adalah ketersediaan dan aksesibilitas perangkat seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone, serta koneksi internet yang stabil. Aksesibilitas dapat menjadi hambatan jika pelajar tidak memiliki akses yang memadai ke perangkat dan internet.
2. Infrastruktur pendidikan: Faktor ini berkaitan dengan ketersediaan sumber daya teknologi di lembaga pendidikan. Sekolah yang memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai, seperti laboratorium komputer, perangkat pembelajaran interaktif, atau akses ke perpustakaan digital, akan memudahkan pelajar dalam menggunakan IPTek.
3.Sumber daya manusia: Guru dan tenaga pendidik perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan IPTek sebagai alat pembelajaran. Dukungan dan pelatihan yang berkualitas bagi guru dalam mengintegrasikan IPTek dalam pengajaran juga menjadi faktor penting.
4. Kurikulum dan metode pengajaran: Penguatan penggunaan IPTek dalam kurikulum dan metode pengajaran sangat berpengaruh. Visualisasi, multimedia, dan aplikasi interaktif dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pelajar dalam pembelajaran.
5. Peran orang tua: Dukungan dan pemahaman orang tua terhadap pentingnya penggunaan IPTek dalam pendidikan juga memegang peranan. Orang tua dapat mendorong pelajar untuk menggunakan IPTek sebagai alat bantu belajar di rumah dan memberikan pengawasan yang tepat terhadap penggunaannya.
6.Faktor sosial dan budaya: Konteks sosial dan budaya juga dapat mempengaruhi penggunaan IPTek. Misalnya, budaya yang mengutamakan proses belajar konvensional atau keterbatasan sosial dan ekonomi dapat menghambat pelajar dalam mengakses dan menggunakan IPTek dengan optimal.
Dampak Positif:
1. Inovasi Dunia Pendidikan Semakin Berkembang
2. Sistem Administrasi Pendidikan Berkembang
3. Muncul Metode Pembelajaran Baru
4. Perpustakaan Online/Daring
5. Berbagi Hasil Penelitian
Dampak Negatif:
1. Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual
2. Kecanduan Teknologi
3. Sarana Untuk Mencontek
•https://ekyd.blogspot.com/2016/09/dampak-perkembangan-teknologi-terhadap.html?m=1
•https://bamai.uma.ac.id/2022/12/27/dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-pendidikan/
•https://m.questionai.com/app-share?shareId=b4ce499c52efcababf9df0b8bc845ded
•https://m.questionai.com/app-share?shareId=cf758140ecbc4f7d8527aff7a1425dc2
MARDIKA CAHYANING TYAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar